17 Mei 2020

Tips Cantik Sehat Selama Ramadhan

Bismillah ...⁣

Sebelum menuju ke tips cantik sehat selama ramadhan, ada peringatan jika penulis belum tentu melakukan semuanya secara rutin selama Ramadhan. Masih dalam tahap untuk mencoba menerapkan semua walaupun terkadang suka khilaf. ⁣

1. Menjaga Wudhu⁣
Pernah mendengar jawaban orang jika skincare-nya cuma wudhu? Mungkin kita ragu dengan hal tersebut hingga berkata "aah nggak mungkin". Aku pun begitu. Tapi sejatinya wudhu memang menjaga kebersihan wajah kita jika kita menerapkan "menjaga wudhu". Jadi setiap kali batal karena suatu hal langsung mengambil air wudhu. ⁣

Emang iya? Sejujurnya aku merasakan wajah lumayan mendingan dari jerawat ketika menjaga wudhu. Itu terjadi ketika umroh beberapa tahun lalu karena hampir setiap batal langsung buru-buru berwudhu ketika berada di dekat ka'bah. Rasanya ingin agar diri ini selalu dalam keadaan wudhu. Walaupun air wudhu memang membersihkan wajah tetapi jika tanpa skincare akan membuat wajah kusam karena teriknya matahari.⁣

Di bulan ramadhan ini, ketika pahala dilipat gandakan maka kesempatan kita untuk banyak beribadah terutama di 10 hari terakhir ini. Dengan semakin sering kita beribadah maka akan semakin banyak air wudhu yang menyentuh muka kita. Sehingga muka akan selalu bersih dan tetap cantik selama Ramadhan.⁣

2. Skincare⁣
Tak perlu mengikuti step-step skincare korea atau skincare hit-hits lainnya, cukup menemukan basic skincare yang tepat untuk kulitmu seperti kata @kinans.review. ⁣

Di jaman beautyvlogger dan selebgram bertebaran dengan skincare-skincare yang diklaim ampuh, mungkin kita jadi tergoda kan? Karena aku pun begitu hehe . . . Tapi apa benar skincare mereka sama dengan kita? Minimal kita bisa menemukan toner, sabun cuci muka, pelembab, dan suncreen  yang cocok dengan kita bukan sekadar ikut-ikutan kata orang. Kenalilah jenis kulit dan temukan basic skincare yang tepat. ⁣

Untuk rutinitas skincare pagi hari minimal aku menggunakan sabun cuci muka, menggunakan toner, esessence lalu pelembab jika perlu gunakan suncreen (jika keluar rumah karena). ⁣

Selain, basic skincare usahakan untuk menscrub wajah lalu menggunakan masker seminggu sekali agar kulit-kulit mati kita dapat terangkat. Tapi sejujurnya terkadang aku malas, jadi lebih suka menggunakan aloe vera sebelum tidur sebagai masker. Cukup ampuh untuk membuat kulit tidak berminyak ketika bangun pagi hari.⁣

3. Makan Secukupnya⁣
Ketika puasa terkadang menjadi ujian cukup berat bagi kita untuk menahan keinginan membeli makanan ini itu. Jujur rasanya ingin makan semua ketika berbuka nanti. Tapi apa daya, ketika berbuka lalu makan sedikit sudah terasa kenyang dan berujung mubazir. Astaghfirullah ....⁣

Makan makanlah secukupnya agar tetap bisa beribadah malam dengan nyaman tanpa merasa kekenyangan. Mungkin untuk sebagian orang puasa dan makan secukupnya ketika berbuka dapat menjadi diet yang cukup ampuh. Walaupun aku sempat sedih ketika melihat timbangan yang cukup turun dan akhirnya setiap makan berdoal agar bisa menjadi energi yang cukup ketika beribadah.⁣

Jangan lupa untuk cukup makan buah dan sayur lalu kurangi gula dan garam juga yaa . . .⁣

4. Banyak Minum Air Putih⁣
Ketika di luar Ramadhan, kita bisa minum sesering mungkin di setiap waktu, lalu bagaimana cara memenuhi kebutuhan cairan selama ramadhan? ⁣

Gunakan rumus 2-4-2 (2 gelas di waktu berbuka, 4 gelas di malam hari, 2 gelas di waktu sahur) selama ramadhan agar kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi. Jangan sampai di Ramadhan ini kita malah kekurangan cairan lalu sakit sehingga tak bisa menjalankan puasa maupun ibadah lainnya.⁣

Tapi rasanya minuman manis lainnya lebih menggoda dibanding air putih ketika di bulan Ramadhan. Sah-sah saja minum minuman masih tapi sewajarnya saja. ⁣Tapi tetap penuhi kebutuhan air putih. Salah satu cara agar tak malas minum air putih untukku adalah dengan meminum air putih hangat. Salah satu trick yang aku dapatkan dari temanku ketika smp dan cukup ampuh hingga saat ini.

5. Olahraga⁣
Sebelum corona membuat semua aktivitas dipindahkan ke rumah, aku cukup rutin untuk olahraga seminggu sekali entah berenang atau jogging. Tapi sejak corona datang, aku mulai mencoba lagi aplikasi workout for women yang banyak bertebaran di playstore. Sehari dua hari cukup membuat kaki pegal tapi lama-lama biasa saja. ⁣

Tapi bagaimana ketika Ramadhan? Ya akhirnya berhenti hehe . . . Hanya sanggup untuk olahraga ringan sebentar, sekadar pemanasan badan. Setidaknya cukup membuat badan ini bergerak. ⁣

Mungkin sekian tips singkat yang bisa aku dilakukan untuk tetap cantik dan sehat selama Ramadhan, jika ada tambahan atau koreksi bisa banget tulis di komen. Siapa tau bisa aku tiru, kan?

17 komentar:

  1. Iya nih, saat ramadhan kadang gak olga, kalopun olga bentaran aja 😂

    BalasHapus
  2. Wah follow kinan.revies juga hehehe

    BalasHapus
  3. Apa aku juga harus pake skinker uga🙄 hmm tp liat ampas teh lanjut lagi dah pake ini dulu😂

    BalasHapus
  4. Olahraga masih kurang banget nih aku.

    BalasHapus
  5. nice sharing...semoga sehat selalu :)

    BalasHapus
  6. Olahraga pe we bgt..mau jalan kaki pas mau kerja..bertahan cuma seminggu

    BalasHapus
  7. Aku jadi pengen ikutan follow @kinan.reviews juga ah 🤣. Makasih sharingnya Mba 😊

    BalasHapus
  8. Duh aku suka sekali tulisannyaaaa�� ringkas informatif dan ringaaaan ��

    BalasHapus
  9. jazakillah khayr mbak untuk sharingnya 🙏💛

    BalasHapus
  10. terimakasih atas sharingnya mbaa :)

    BalasHapus
  11. Sama mba, saya pun sesimple itu merawat tubuh 😁

    BalasHapus
  12. Skincare yang suka ke skip niy 😆

    BalasHapus
  13. Jujur, skin care masih belum disiplin, nih. Padahal penting ya. Point 1, menjaga wudhu, Insya Allah sudah seharusnya ya sebagai muslim. Btw, nice tips

    BalasHapus
  14. Minum air putih hangat setuju banget mbak.... Pas nyeruput udah berasa kayak nyeruput kopi manis 😅

    BalasHapus
  15. MasyaAllah.. Semoga kita bisa belajar istiqomah menjaga wudhu ya Mba..

    BalasHapus
  16. Belum maksimal menjaga wudhu ni mba...

    BalasHapus